8.07.2009

Akses Internet, Ngapain Murah kalau Koneksinya Parah

Terus tumbuhnya pasar internet membuat operator telekomunikasi giat berlomba memasarkan tarif internet murah. Operator-operator seperti tak mau kalah menawarkan paket internet.

Mereka menyasar pengguna kartu telepon, baik berbasis seluler global system for mobile communications alias GSM. maupun telepon tetap tanpa kabel berbasis code division multiple access alias CDMA.

Untuk internet kartu GSM, tawarannya terbilang lengkap. Mulai dari menawarkan paket bundling alias bundel dengan penjualan handphone, telepon pintar alias smartphone, hingga menjual kartu perdana khusus internet.

Teliti sebelum beli

Semua mengklaim yang termurah. Malah, ada yang menawarkan paket internet gratis setiap hari. Tentu, di balik itu semua ada kelebihan dan kelemahan. Intinya, jangan sampai gratis internet, tapi sinyalnya putus nyambung putus nyambung. Jadi, tetaplah berhati-hati. Yang terpenting, pilihlah yang benar-benar menguntungkan: murah harganya, tapi cepat aksesnya. Genggamlah pepatah lama: teliti sebelum membeli.

Nah, mari kita telusuri satu per satu.

Paket XL

PT Excelcomindo Pratama (XL) sudah meluncurkan layanan paket internet untuk XL prabayar dan XL pascabayar sejak Mei 2009. Untuk pelanggan XL prabayar, cukup dengan voucher yang ada, sehingga pelanggan tak usah repot-repot untuk mencari voucher khusus internet.

"Pelanggan bisa membeli voucher melalui ATM, voucher fisik atau elektronik yang tersedia di banyak toko," ulas Ari Tjahjanto, General Manager Internet dan Layanan Data XL. Sedang pelanggan XL pascabayar akan langsung mendapat tagihan pada setiap periode tagihan.

Tarif internet untuk XL prabayar Rp 3 per kilobit (kb), sementara XL pascabayar Rp 3,3 per kb, termasuk pajak.

XL saat ini juga masih menggelar paket promo internet yang berlangsung 1 Mei – 1 Agustus 2009. Ada dua jenis paket, yaitu harian dan mingguan. Untuk paket harian, biayanya Rp 2.000 dengan kuota 1 megabit (Mb); jika lebih dari 1 Mb akan terkena tarif Rp 3 per kb. Masa berlakunya sehari. Paket mingguan, biaya Rp 10.000 dengan kuota 10 Mb. Lebih dari 10 Mb akan dikenai tarif Rp 3 per kb. Masa berlaku tujuh hari.

Agar akses internet bisa terus cepat seiring pertumbuhan pengguna internet, menurut Ari, secara berkala XL meningkatkan kualitas jaringan.

Paket Indosat

PT Indosat Tbk mengeluarkan paket tidak terbatas alias unlimited untuk berlangganan akses internet dengan munculnya Indosat 3,5 G. Untuk saat ini paket unlimited Indosat 3,5 G Broadband baru tersedia di lima kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakar-ta, dan Surabaya.

Tarif murah akses internet Indosat hanya Rp 1 per kb atau Rp 100 per menit. Untuk dapat menikmati tarif murah akses internet, pelanggan tinggal membuat setting internet di handphone (HP) berbasis volume. Dengan tarif murah internet, pelanggan kartu IM3 makin leluasa menikmati layanan Facebook, chatting via mig33, Yahoo, browsing opera mini, dan fitur yang lainnya.

Selain itu, kini pengguna kartu Mentari dan IM3 juga dapat berselancar lebih leluasa dengan voucher internet Indosat, yaitu voucher khusus dari Indosat yang pulsanya hanya bisa digunakan untuk akses internet atau akses data. “Voucher internet Indosat ini adalah voucher internet pertama yang pernah ada di indonesia,” ulas Adita Irawati, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Indosat.

Dengan voucher internet Indosat, surfing, browsing, downloading, uploading, e-mail, sampai chatting tarifnya Rp 10 per 30 detik dengan kecepatan sampai dengan 256 kilobit per detik (kbps).

Sayang, voucher internet Indosat baru tersedia dalam bentuk elektronik dengan denominasi Rp 5.000 untuk masa aktif lima hari. “Voucher ini dapat digunakan untuk mengakses internet berbasis durasi selama 250 menit,” ujar Adita.

Paket Telkomsel

PT Telekomunikasi Selular juga tak ketinggalan. Untuk menggarap pasar internet, anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) ini menyajikan TelkomselFlash, yakni layanan highspeed wireless broadband atau akses internet nirkabel kecepatan tinggi mencapai 3,2 Mbps. Layanan mereka didukung teknologi high speed downlink packet access (HSDPA). Layanan ini untuk seluruh pelanggannya, baik pascabayar (kartu Halo) atau prabayar (Simpati dan kartu As) dengan tarif akses data berbasis waktu.

Layanan TelkomselFlash sedikit berbeda dengan layanan operator lain. Soalnya, layanan ini menggunakan skema tarif yang didasarkan atas durasi waktu pemakaian, dan bukan berdasarkan volume data yang diakses.

Untuk paket internet Telkom-selFlash, Telkomsel menawarkan enam pilihan model tarif. Pertama, tawaran dengan skema tarif Rp 350 per menit. Ke-dua, paket tiga jam Rp 30.000. Untuk paket jenis ini hanya berlaku alias valid untuk satu hari pemakaian.

Ketiga, paket 24 jam seharga Rp 100.000. Paket jenis ini hanya berlaku (valid) untuk satu minggu. Paket ini juga berlaku untuk kartu Simpati, Halo, dan kartu As.

Sedangkan tiga paket sisanya, untuk paket bulanan, 40 jam Rp 200.000, 100 jam Rp 400.000, dan 250 jam Rp 800.000. Dan, itu hanya untuk kartu Halo.

Paket Axis

PT Natrindo Telepon Seluler, operator selular Axis, tak mau ketinggalan menggarap pasar internet. Mereka membundel paket internet berbentuk bundling modem serta paket harian atau mingguan dengan sistem bundel modem 3G dan kartu microSD 1 Gb.

Untuk jenis Maxilite, pelanggan mendapat akses gratis 200 Mb per bulan selama enam bulan, biaya kelebihan pemakaian Rp 1,5 per kb. Harga perdana Rp 188.000. Apabila beserta modem plus microSD 1 Gb harganya Rp 988.000.

Untuk Maxipro, gratis 500 Mb per bulan selama satu tahun, biaya kelebihan pemakaian Rp 0,7 per kb. Harga perdana Rp 588.000. Tambah modem dan microSD 1 Gb: Rp 1.388.000.

Untuk Maximum gratis 3 Gb per bulan selama setahun, biaya kelebihan Rp 0,5 per kb. Harga perdana Rp 1.488.000. Bila plus modem dan microSD 1 Gb jadi Rp 1.988.000. "Harga modem plus microSD 1 Gb Rp 968.000," ungkap Direktur Pemasaran Axis Johan Buse. Paket ini bisa didapatkan di Axis center. Oh, ya, tarif dasar internet Axis ialah Rp 1 per kb dengan penghitungan tarif setiap 10 kb.

CDMA tak mau ketinggalan

Bagi pengguna kartu telepon tetap tanpa kabel berbasis code division multiple access (CDMA) yang ingin menikmati layanan internet, tak usah bersedih. Sebab, layanan paket internet bukan hanya disediakan operator berbasis seluler atau global system for mobile communications alias GSM. Dus, pelanggan CDMA pun bisa tetap berselancar di internet melalui telepon genggam alias handphone (HP).

Tawaran paket internet dari operator CDMA pun tak kalah menarik. Mulai dari tawaran gratis internet, hingga tersedia paket bundel dengan netbook. Yuk, kita telusuri satu per satu.

Paket Internet Fren

PT Mobile-8 Telecom Tbk, operator CDMA merek Fren, terbilang paling awal menghadirkan paket internet, yakni pada 2003. Namanya Max Surf. Paket ini bisa untuk kartu prabayar dan pascabayar Fren.

Selanjutnya, menurut Sukaca Purwokadjono, Group Head of Marketing Product Mobile-8, seiring dengan perkembangan teknologi CDMA yang makin baik – setara kecepatan 3,5 G atau lebih akrab dikenal dengan nama EVDO Rev A (evolution data only) – Mobile-8 mengeluarkan brand yang mengkhususkan layanan akses data ke pelanggannya. Yaitu: Mobi, yang pertama kali meluncur pada 4 Februari 2009.

Tarif Mobi prabayar berbagai macam, untuk prabayar Rp 0,1 hingga Rp 0,25 per kb. Untuk pascabayar, jenis silver Rp 88.000 dengan kuota 500 megabit (Mb) dengan kecepatan hingga 3,1 megabytes per second (Mbps). Jika melebihi tarif, akan dikenai Rp 0,25 per kb. Sementara, paket gold Rp 150.000 dengan kuota 1,25 gigabit (Gb) dan kecepatan hingga 3,1 Mbps. Jika lebih dari itu, tarifnya Rp 0,25 per kb.

Lantas, pascabayar platinum Rp 250.000 kuota 3 Gb dan kecepatan hingga 3,1 Mbps. Jika melebihi, tarif Rp 0,25 per kb. "Dalam waktu dekat, Mobi akan mengeluarkan bonus serta paket internet yang dijamin akan sangat menarik bagi masyarakat maupun pelanggan setia Mobi," ujar Sukaca, enggan berbagi info lebih rinci.

Paket Flexi

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menyediakan paket internet TelkomFlexi, baik untuk prabayar (trendy) maupun pascabayar (classy). Selain menggunakan mode charging berdasarkan volume data (volume based) yang telah dikenal selama ini, Flexi juga telah meluncurkan mode charging berdasarkan waktu akses (time based).

Pelanggan dapat memilih sendiri mode akses yang diinginkan volume atau waktu akses kapan saja dan di mana saja dengan hanya melakukan login dengan user name yang telah disediakan untuk masing-masing mode charging itu.

Tarif layanan data Telkom Flexi pascabayar, untuk layanan internet dengan metode akses packet data network (PDN based) seharga Rp 3 per kilobit (volume based) dan Rp 200 per menit (time based).

Paket StarOne

Selain menyediakan paket internet berbasis GSM di kartu Mentari dan IM3, PT Indosat Tbk juga menawarkan paket internet di kartu StarOne. Layanan internet di StarOne sudah ada sejak StarOne berdiri di tahun 2004. Layanannya tersedia baik untuk StarOne prabayar maupun pascabayar.

Sistem pembayaran StarOne prabayar melalui voucher isi ulang, baik memakai voucher Indosat, voucher StarOne, bisa juga memakai voucher Mentari dan IM3. Pembelian voucher bisa dilakukan melalui voucher elektronik dan ATM. Sedangkan untuk StarOne pascabayar, pembayaran tagihan bulanan dapat dilakukan melalui galeri, ATM, bank, otodebet kartu kredit, dan tabungan.

Tarif StarOne prabayar dan pascabayar ritel adalah Rp 1 per kb atau Rp 75 per menit. Selain paket ritel, tersedia paket berlangganan. Untuk StarOne pascabayar, tersedia paket berlangganan Rp 45.000 untuk 350 Mb per bulan, Rp 99.000 untuk 1 Gb per bulan, serta Rp 125.000 untuk internet unlimited selama 30 hari. Lalu, di StarOne prabayar tersedia paket langganan Rp 45.000 buat internet unlimited selama tujuh hari.

"Selain itu StarOne juga menyediakan program Internet Bundling Modem dengan tarif Rp 0,1 per kb dan Rp 25 per menit," ungkap Adita Irawati, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Indosat.

Adita mengklaim, keunggulan StarOne adalah tarif yang murah, dan kecepatan hingga 153 kbps. Untuk internet unlimited StarOne, tidak ada batasan kuota dan tidak ada penurunan kecepatan, serta dapat dibawa di 63 kota di Indonesia. "Akhir tahun ditargetkan mencapai 82 kota," kata Adita.

Paket Smart

Smart Telecom juga tak mau ketinggalan menawarkan paket internet. Mereka menawarkan paket bundling dengan netbook seharga Rp 4,6 juta hingga Rp 5,9 juta. “Produk yang kami luncurkan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan konsumen,” ulas Chief Sales Officer PT Smart Telecom Charles Sitorus.

Charles bilang, netbook tersebut sudah dilengkapi dengan modem internal yang bekerja di jaringan CDMA 2000 EVDO Rev A 1900 MHz. Smart Telecom tercatat sebagai operator telekomunikasi CDMA pertama yang meluncurkan teknologi EVDO (evolution data only) Rev.A untuk telekomunikasi nirkabel secara komersial. "Teknologi ini pertama kali diterapkan di Indonesia," ujarnya.

Smart menyediakan dua pilihan internet, yakni pascabayar dan prabayar. Untuk pascabayar, pelanggan dikenai biaya Rp 499.000 per bulan selama 12 bulan, dan langsung mendapatkan gratis 12 bulan internet unlimited. Adapun untuk prabayar, setelah membeli netbook seharga Rp 4,7 juta, pelanggan berhak mendapatkan koneksi unlimited 30 hari.

Pemakai kedua pilihan layanan itu akan mendapatkan kecepatan maksimum download 3,1 Mbps dan upload hingga 384 kbps. Selain menawarkan paket netbook, Smart juga meluncurkan dua produk lain, yaitu modem USB ZTE AC2726 dan modem Router Vertex VW240. Modem USB seharga Rp 999.000 dengan gratis internet satu bulan unlimited.

Sementara modem router harganya bervariasi, mulai Rp 200.000 sampai Rp 2 juta, dan punya kecepatan akses 3,1 Mbps. Smart mengklaim, kedua produk itu, voice dan internet, punya kekuatan masing-masing. Tapi, di internet Smart merasa punya kekuatan lebih ketimbang CDMA lain. Jadi, "Kami memang sedang fokus ke internet," urai Charles.(Kontan/aziz Husaini)
Kutipan Kompas Tekno

13 komentar:

  1. pertamax...
    bener banget sob..
    biar mahal asalkan kita puas...

    BalasHapus
  2. smart memang mendingan bos..cuma kalo upgrade mesti cek dulu area nya..dapet speed-nya berapa..contohnya ane pake smart jump, terus upgrade ke paket ultimate..dengan speed 3,1mb - up 1,8 tapi dapet speednya cuma 900.karena di area ane dapetnya memang segitu..anehnya smart tidak memberi info soal itu.Baru ketika complain langsung di jelasin. jadi-nya ane rada mubazir upgrade ke ultimate..buat teman2 yg make smart jump and mo upgrade sebaiknya cek dulu area-nya dapet spednya berapa..thank atas info2nya bos..

    BalasHapus
  3. ya itulah trik bisnis, biar murah tapi makenya lama karena lambat ya sama saja spent banyak uang toh?

    BalasHapus
  4. Iya susah nih cari internet dengan harga dan kualitas bagus di indonesia..

    BalasHapus
  5. Di indonesia susah cari internet yang murah dan kualitas yang bagus benar benar susah, karena setahu saya Indonesia belum memiliki satelit kusus untuk menangani masalah akses internet..

    BalasHapus
  6. ini yang dibutuhkan!

    tapi mohon maaf... saya anti IM2, kapok!

    BalasHapus
  7. Good post sob gw setujuh...,,
     
    kunjung balik ya di

    Free Facebook Layout 
    Naikan traffic dgn promosi blog lewat facebook 
    Cara Memasang flash label di blog
     
     
    Jangan lupa ngomentnya xeps...!!!
     
    ________________________________________________________________________
    Download segera software ini asyik di pake bwt nge-NET  

    Flash LIve USB 1.2 

    Nantikan Versi Selanjutnya....!

    BalasHapus
  8. aku pake telkomselflash nich.... lumayan..

    BalasHapus
  9. bener mas...rata2 para penyedia cuma pentingkan untungkan..bukan mentingkan konsumen kayak2 kita2 nech

    BalasHapus
  10. iya lebih baik mahal dikit tapi gak bikin stress karena lalo(lambat loading)...

    BalasHapus
  11. Iya bener, Murah Tapi LELET ga Bgt,.....Mending Cepet Murah, he2x

    BalasHapus
  12. I always smile because you are my friends

    BalasHapus